Apa itu Compound Interest atau Bunga Berbunga

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Apa yang pertama kali sahabat pikirkan tentang bunga berbunga atau Compound Interest?

Apakah sahabat langsung berpikir tentang rentenir ataupun pinjaman online dengan bunga pinjaman yang jumlahnya berkali-kali lipat banyaknya dari jumlah total pokok pinjaman hingga menjerat peminjamnya?

Atau sahabat berpikir tentang return (pengembalian) yang akan sahabat peroleh di masa depan apabila rutin berinvestasi sejak dini?

Apapun yang sahabat pikirkan tentang bunga berbunga atau Compound Interest adalah benar adanya. Tinggal dari sudut pandang mana kita mau melihatnya, apabila dilihat dari sudut pandang yang meminjam uang, maka Compound Interest adalah MUSIBAH, namun apabila dilihat dari sudut pandang yang menginvestasikan uang, maka Compound Interest adalah ANUGERAH.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas Compound Interest sebagai ANUGERAH dan keajaiban dunia ke-8 ya sahabat. Karena apa yang kita pikirkan akan menjadi apa yang kita lakukan dan apa yang kita lakukan akan menjadi kebiasaan kita di masa depan. Dan kita ingin memanfaatkan Compound Interest sebagai sahabat kita yang membantu menghidupi kita di hari tua.

Lho koq jadi bahas pikiran toh, bukannya kita tadi membahas Compound Interest?

Sekarang kita kembali ke laptop ya, kita bahas lebih detail tentang Compound Interest. Compound Interest adalah bunga atas pinjaman atau modal pokok investasi kita yang jumlahnya terakumulasi terus menerus dengan berjalannya waktu.

Sebagai contoh, sahabat berinvestasi saham dengan return tiap tahunnya konsisten 20%. Modal awal yang sahabat investasikan adalah 1 juta. Pada tahun pertama setelah investasi akan bertambah menjadi 1.2 juta atau mendapatkan bunga 200.000 (20% × 1 juta). Di tahun kedua, sahabat akan mendapatkan bunga 20% × 1.2 jt = 240.000 dan investasi sahabat menjadi 1.440.000. Di tahun ketiga menjadi 1.728.000 dan begitu seterusnya.

Berikut adalah contoh ilustrasi Compound Interest dari sahabat yang berumur 36 tahun dan mulai berinvestasi di tahun 2019 dengan menyisihkan uang 1 juta tiap bulannya untuk mempersiapkan masa pensiunnya.

Kira-kira berapa ya return yang diperoleh sahabat kita tersebut setelah 20 tahun berinvestasi?

Ternyata di tahun ke 20, hanya dengan berinvestasi 1 juta tiap bulannya, dan apabila sahabat kita tersebut memiliki return yang konsisten 20% tiap tahunnya maka investasinya akan bertumbuh menjadi 3.1 Miliar. 

Pasti sekarang sahabat berpikir, woww besar sekali ya. Tapi angka tersebut kan belum dikurangi inflasi dan berapa sih nilai uang tersebut di masa sekarang?

Untuk itu, kita akan memasukkan komponen inflasi (kita asumsikan tiap tahun inflasinya adalah 4%) dalam perhitungan nilai uang sekarang atau present value.

Dapat kita lihat bahwa uang 3.1 Miliar setara dengan yang 1.4 Miliar di masa sekarang dan masih sangat besar kan efek dari compounding terhadap pertumbuhan investasi kita.

Ternyata uang 1 juta yang mampu diinvestasikan tiap bulannya akan memberikan keamanan keuangan kita di masa depan. Kalau bukan kita yang merawat diri kita di masa depan maka siapa lagi yang akan merawat kita nantinya?

Mau tahu caranya berinvestasi saham tiap bulannya dengan disiplin dan konsisten? 

Apakah harus membeli saham tiap bulannya seperti kita menabung saham? 

Tetap ikuti terus EduVesting ya.

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Apa itu IHSG?
  2. Berapa dana awal untuk investasi?

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya