Aplikasi GRATIS yang Wajib dimiliki Investor Saham

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Sebagai seorang investor saham yang memerlukan analisa sebelum membeli atau menjual saham, tentunya Sahabat memerlukan dukungan aplikasi atau website yang bisa mempermudah hidup dalam mengerjakan analisa saham.

Meskipun banyak aplikasi atau website tentang saham, tidak sedikit yang mengenakan tarif atau biaya bulanan tinggi setiap bulannya. Biasanya tarif berlangganan tiap bulannya adalah 200 ribu-500 ribu. Buat Sahabat yang memiliki modal milyaran mungkin uang segitu tidak terlalu masalah, tapi buat Sahabat yang modalnya cekak maka biaya segitu tentu sangat memberatkan.

Untuk Sahabat yang modal pas-pasan maka tidak perlu berkecil hati, karena kabar bagusnya adalah banyak aplikasi dan website gretongan yang sudah lebih dari cukup untuk membantu analisa Sahabat.

Berikut adalah website dan aplikasi GRATIS yang wajib sahabat ketahui:

Website resmi BEI di www.idx.co.id

Sahabat bisa menemukan banyak informasi bermanfaat yang dapat membantu analisa sahabat, seperti: mengunduh laporan keuangan perusahaan, berita public expose yang biasanya membahas strategi perusahaan, jenis-jenis indeks saham, ringkasan perdagangan saham, laporan statistik dan berbagai informasi lainnya.

Aplikasi Online Trading dari Broker

Ketika sahabat membuka rekening saham di broker apapun, pasti broker tersebut akan menyediakan fasilitas aplikasi online trading, dimana selain untuk membeli dan menjual saham, aplikasi online trading tersebut juga menyediakan fitur charting yang dilengkapi dengan berbagai macam indikator, data finansial untuk melihat fundamental saham, broker summary hingga screening saham.

Sumber: Aplikasi Neo HOTS, Mirae Asset Sekuritas

Aplikasi RTI Business

Selain untuk menganalisa data fundamental emiten saham, aplikasi RTI juga menyediakan banyak fasilitas gratis lainnya di aplikasinya, seperti: data pasar, watchlist, saham penggerak, chart, berita dan calendar yang memuat informasi jadwal pembagian dividen, right issue, warrant, stock split, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan lain-lain.

ipo

IDN Financial

Sebelum Sahabat ingin memanfaatkan fitur-fitur di IDN Financial maka Sahabat diminta untuk login terlebih dahulu. Tapi tenang saja, gratis koq. Untuk beberapa fitur tertentu sahabat diminta untuk ikut member premium.

Fitur utama gratis yang sangat bermanfaat adalah “Alat Perbandingan” yang bisa kita manfaatkan untuk membandingkan laporan keuangan berbagai perusahaan. Selain itu, Fitur “Market Hint” juga sangat bermanfaat untuk melihat pergerakan market mover atau big boys. Ketika mereka buy dan sell, semuanya terangkum di fitur tersebut.

Google Finance

Sebelum Sahabat memanfaatkan fasilitas google finance gratis dari Google, Sahabat harus mengunduh google drive atau google sheets. Untuk Sahabat yang menggunakan handphone dengan operating system android, maka biasanya google drive merupakan aplikasi bawaan HP. Tapi kalaupun tidak ada, maka Sahabat bisa mengunduh kedua aplikasi tersebut di Play Store.

Setelah Sahabat mengunduh dan membuka Google Sheets, maka Sahabat bisa memasukkan rumus berikut untuk melihat data finansial dari perusahaan yang ingin Sahabat cari datanya:

Untuk nama perusahaan maka sahabat harus menambahkan IDX: sebelum kode ticker saham. Untuk membedakan data perusahaan yang ada di Indonesia dan bursa luar negeri.

Dengan memanfaatkan semua website dan aplikasi di atas, maka Sahabat sudah sangat dimudahkan dalam mengerjakan analisa saham. Dan yang pasti Sahabat tidak perlu merogoh kocek sepeserpun untuk mendapatkannya, tapi untuk kuota internet Sahabat tetap harus keluar uang ya ;).

Jadi, sudah punya semua aplikasinya?

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Mau Beli Saham? Jawab Dulu Pertanyaan Berikut
  2. Istilah-Istilah Saham

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya

Trigger Penggerak Harga Saham

Apakah sahabat seringkali dalam kondisi bingung dan kaget ketika harga saham yang dibeli bergerak liar? Jika bergeraknya naik tinggi sih biasanya kita