Berapa Dana Awal untuk Investasi Saham?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Ketika pertama kali mendengar tentang saham, pasti Sahabat berpikir bahwa modal yang dibutuhkan untuk memulai saham adalah ratusan juta atau kalau bukan ratusan juta pasti sahabat mengira minimal sahabat harus memiliki minimal puluhan juta untuk memulai investasi saham.

Tentunya dalam hal ini sahabat tidak sendirian, karena saya pada awalnya juga mengira bahwa modal untuk membuka akun saham tentu tidak sedikit. Maklum saja, pada saat kuliah di tahun 2004, waktu itu belum banyak galeri saham di kampus saya. Beda dengan kondisi sekarang dimana galeri saham Bursa Efek Indonesia (BEI), banyak bertebaran di kampus negeri maupun swasta seantero negeri. Tentunya hal ini juga yang membantu literasi saham mudah diterima oleh generasi milenial.

Wait, koq saya jadi curhat tentang culunnya saya yang salah mengira modal yang diperlukan untuk memulai investasi saham sih. Oke, kita balik lagi ke topik utama.

Jadi, berapa modal yang diperlukan untuk membuka akun saham?

Mahal nggak sih buka akun saham?

Jangan sampai sahabat yang sedang semangat-semangatnya investasi saham jadi layu sebelum berkembang karena modal yang diperlukan banyak atau sahabat belum cukup modal.

Jawabannya adalah hanya dengan 100ribu, sahabat bisa langsung buka akun saham. Itupun uang 100ribu yang ada di akun sekuritas, bisa langsung digunakan untuk membeli saham idaman.

Broker apa yang menyediakan layanan buka akun saham dengan modal 100ribu?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, saya pernah membuka akun di Indopremier Sekuritas, RHB Sekuritas, OCBC Sekuritas dengan modal 100ribu. Atau banyak juga broker saham yang bekerjasama dengan BEI dan membuka kelas Sekolah Pasar Modal (SPM) yang pendaftarannya 100ribu dan bisa langsung buka akun saham. Cara membuka sahamnya juga sangat mudah karena sahabat bisa langsung mendaftar secara online. Berkas pendaftarannya hanya perlu ditandatangani dan dikirimkan kembali ke alamat kantor sekuritas dimana sahabat mendaftar.

Setelah sahabat tahu bahwa modal investasi saham sangat terjangkau, pasti sekarang sahabat berpikir kembali.

Apakah uang yang saya investasikan di saham aman tuh dipegang oleh broker?

Jangan-jangan nanti uang yang saya simpan di broker dibelikan saham tanpa sepengetahuan saya?

Saya diberitahu teman saya kalau buka akun di broker X, modalnya 10 juta, memangnya apa sih yang membedakan broker satu dengan broker lainnya?

Baiklah, saya akan menjawab pertanyaan sahabat di artikel selanjutnya ya. Harap bersabar sahabat ini ujian, hehehehe. Becanda, jangan serius-serius lah. Tetap ikuti kami di artikel selanjutnya ya.

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Apa itu Compound Interest?
  2. Apa itu saham?

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya