Mengapa Investasi di Saham?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Pada kesempatan ini saya akan menjawab lunas semua rasa penasaran Sahabat EduVesting tentang investasi yang resikonya bisa diminimalkan tapi keuntungannya bisa tidak terbatas?

Jawabannya adalah SAHAM, pasti Sahabat EduVesting langsung sewot dan bilang, “Masa iya sih, saham resikonya minimal? Setahu saya resiko saham adalah yang paling tinggi dibandingkan investasi lainnya. Bahkan banyak teman saya yang bangkrut dan stress gara-gara makhluk yang namanya SAHAM. Mana buktinya kalau saya investasi di saham bakalan bisa dapat keuntungan yang tidak terbatas?”

Sabar saudara-saudara. Beri saya kesempatan untuk menjelaskannya, oke?. Beri saya 1 jam saja waktu yang saya butuhkan untuk menjelaskannya. 

Apa……? 

Kelamaan!

Baiklah berikan saya waktu maksimal 10 menit dan yang perlu Sahabat EduVesting lakukan hanya membaca artikel ini sampai selesai dan renungkan apakah penjelasan saya masuk akal atau tidak. Kalau memang penjelasan saya tidak masuk akal, Sahabat EduVesting tidak perlu melanjutkan membaca semua artikel di EduVesting.

Kita pahami dulu resiko yang sering dihadapi investor ketika membeli saham

  • Harga saham yang dibeli turun sehingga menyebabkan kerugian.
  • Saham tidak liquid (tidak mudah diperdagangkan), sehingga ketika kita membutuhkan uang tidak bisa langsung menjualnya.
  • Saham turun ke harga 50 sehingga sulit untuk dijual.
  • Saham di delisting oleh Bursa Efek Indonesia.

Penyebab utama mengapa saham memiliki resiko-resiko diatas bukanlah terletak pada saham nya, namun pada diri kita sendiri yang membeli dan menjual saham. 

Koq bisa?

Karena keputusan penuh untuk memilih membeli dan menjual saham adalah di tangan investor alias di tangan kita sendiri. Jadi, resiko saham tergantung pada keputusan yang diambil oleh investor.

Semakin cepat kita menyadari hal itu maka semakin cepat pula kita mampu meminimalkan resikonya. Cara paling ampuh untuk meminimalkan resiko saham adalah dengan membekali diri kita sendiri dengan ilmu, skill, mindset dan psikologi.

Bagaimana caranya untuk memiliki itu semua?

Terus belajar dan praktek.

EduVesting menyediakan sistem pembelajaran dan praktek yang lengkap untuk memandu Sahabat EduVesting menjadi investor yang cerdas. Jadi, kita sepakat ya bahwa resiko saham bisa diminimalkan dengan kita belajar dan praktek ilmu dan skill tentang saham.

Setelah resiko saham bisa diminimalkan, selanjutnya bagaimana mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas?

Untuk bisa memiliki keuntungan yang tidak terbatas, maka Sahabat EduVesting harus bisa memilih perusahaan yang tepat dan memiliki prospek bagus, membelinya di harga yang murah dan menjualnya di harga yang mahal.

Masa sih sesimple itu?

Apa buktinya?

Memang teorinya sih simple, tapi prakteknya yang membutuhkan konsistensi dan mengontrol emosi. Sahabat EduVesting tidak perlu khawatir, itu semua bisa dipraktekkan koq.

Bukti bahwa saham memberikan profit yang tidak terbatas bisa kita lihat pada grafik di bawah ini:

Sumber : RTI Bussiness

Apakah Anda penggemar berat Indomie? 

Saya yakin kalaupun Sahabat EduVesting nggak hobi makan Indomie, pasti Sahabat EduVesting pernah makan Indomie kan? Ayo ngaku.

Koq jadi bahas Indomie sih? Oke, kita kembali ke laptop.

Grafik di atas menunjukkan bahwa kalau Sahabat EduVesting membeli saham Indomie (kode sahamnya ICBP) pada tahun 2014 di harga 4950 per lembar sahamnya, maka investasi Sahabat EduVesting akan meningkat menjadi 12.200 di tahun 2019 ini atau naik 2.46x nya. Artinya uang 10 juta yang Sahabat EduVesting investasikan akan meningkat menjadi 24.600.000 dalam 5 tahun.

Saya kasih contoh yang kenaikannya lebih fantastis ya:

Sumber : RTI Bussiness

Kalau Sahabat EduVesting membeli saham CLEO di bulan Januari 2018 di harga 141, maka sekarang investasi Sahabat EduVesting akan naik 4.6x lipatnya hanya dalam waktu 1 tahun.

Saya rasa 2 bukti di atas sudah cukup untuk menunjukkan bahwa saham menyimpan potensi profit yang luar biasa. Mereka menunggu untuk Sahabat EduVesting temukan. Tentunya untuk menemukannya Sahabat EduVesting harus memiliki bekal ilmu yang cukup.

Jadi, sudah paham kan kenapa saham adalah salah satu instrumen investasi terbaik?

Pengen tau caranya menemukan saham-saham seperti di atas? Tetap kepoin EduVesting.

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Apa itu saham?
  2. Apa itu inflasi ?

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya