Part Time Investor vs Full Time Investor

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Rumput tetangga memang selalu lebih hijau, tentunya sahabat paham arti peribahasa tersebut kan? Kalau nggak tau koq ya kebangetan ya, jangan-jangan dulu pas pelajaran Bahasa Indonesia pada bolos semua ya, hehehehehe.

Seringkali sebagai manusia kita merasa bahwa keadaan orang lain jauh lebih baik ketimbang keadaan kita. Hal itu juga yang dialami oleh part time investor dan full time investor.

Part time investor melihat bahwa kerjaan seorang full time investor sangatlah enak, karena memiliki keleluasaan waktu dalam berinvestasi dan tidak perlu direpotkan dengan pekerjaan rutin sehari-hari, yang harus berangkat pagi pulang malam dan bermacet-macetan di jalan setiap harinya.

Sedangkan full time investor melihat part time investor hidupnya sangat enak, karena tiap bulan masih dapat gaji dan kalaupun investasinya belum menghasilkan profit, maka part time investor masih bisa hidup dari uang gajinya, berbeda dengan full time investor yang hanya bisa hidup dari capital gain dan dividen. Iya, kalau investasinya cepat membuahkan hasil, lha kalau lagi anyep dan harga sahamnya belum naik bagaimana dong melanjutkan hidupnya? Tentunya tingkat tekanan hidup yang harus ditanggung oleh full time investor jauh lebih besar ya sahabat daripada part time investor.

Oh ya, dari tadi kita cerita tentang part time dan full time investor, sahabat sudah pada tahu pengertiannya kan? buat yang belum tahu, part time investor itu artinya investor yang masih punya pekerjaan lain diluar menjadi investor. Menjadi investor ini hanya sebagai sampingan diluar pekerjaan utamanya.

Sedangkan full time investor adalah investor yang memang pekerjaan utamanya adalah menjadi investor.

Jadi, sahabat sekarang berada di posisi mana nich? Part time atau Full Time Investor?

Untuk Sahabat yang berniat menjadi full time investor, kita akan membahas di artikel selanjutnya ya. So, stick around with EduVesting ya Sahabat.

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Menjadi Full Time Investor?
  2. Perbedaan Investor vs Trader

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya