Perbedaan Investor vs Trader

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Mungkin bagi Sahabat EduVesting yang belum terjun ke dunia saham atau baru mau terjun ke dunia saham, tidak terlalu memusingkan antara investor atau trader. Karena baik Investor maupun Trader adalah sama-sama pelaku investasi.

Kalau begitu mengapa kita perlu tahu tentang perbedaan investor dan trader?

Karena dengan mengetahui perbedaan tersebut maka sahabat akan lebih bisa menilai diri sendiri apakah sahabat lebih cocok sebagai seorang investor atau malah lebih cocok menjadi trader. Dengan mengetahui diri kita sendiri tentunya investasi yang akan kita lakukan akan jauh lebih mudah, karena kita bisa mengambil keputusan berdasarkan pendekatan yang kita pilih dan tentunya kita lebih siap akan resiko juga yang akan kita hadapi di kemudian hari.

Secara mudah investor dan trader dapat dianalogikan sebagai berikut: anggap saja saya dan sahabat hari ini ke pasar untuk membeli seekor sapi yang masih balita atau kalau dalam bahasa jawa istilahnya adalah pedet. Kita sama-sama membeli sapi ini di harga 5 juta. Setelah kita membawa pulang sapi tersebut, ternyata tetangga Anda menawar untuk membeli sapi tersebut seharga 6 juta dan sahabat setuju menjualnya diharga 6 juta tersebut dan untung 20%. Dengan melakukan hal ini, sahabat sudah menjadi trader atau pedagang.

Berbeda dengan Sahabat yang langsung menjual sapi tersebut, saya memilih untuk membesarkan sapi tersebut dengan penuh rasa cinta kasih, saya siapkan kandang yang bersih, saya berikan hanya makanan bergizi dan ketika sudah dewasa saya menikahkan sapi saya tersebut hingga akhirnya sapi saya tersebut melahirkan sapi kembar. Waktu yang saya butuhkan untuk membesarkan sapi tersebut tentunya jauh lebih lama, bisa tahunan dan bahkan puluhan tahun. Ketika saya membutuhkan uang saya menjual sapi tersebut di harga 20 juta dan saya masih memiliki 2 anak sapi yang lucu. Dalam hal ini, saya bertindak sebagai investor.

Sudah kebayang dong sahabat mengenai perbedaan antara investor dan trader. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan. Tapi, pendekatan yang dilakukan dalam berinvestasi sedikit berbeda.

Untuk lebih detail, perbedaan antara Investor dan Trader dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

PerbedaanInvestorTrader
AnalisaFundamentalTeknikal dan Bandarmologi
Pendekatan memilih sahamKinerja perusahaanHarga saham dan Broker Summary
Periode InvestasiJangka panjang (minimal di atas 1 tahun)Jangka pendek (harian, mingguan dan bulanan)
FokusValueTrend
Pertumbuhan ModalCompounding intereset dan dividenPergerakan harga: harga naik → jual
ResikoLebih rendahLebih tinggi
TransaksiJarangSering
PsikologiPerlu kesabaran tinggiUntuk yang tidak sabar memegang saham dalam jangka panjang
Tokoh DuniaWarren BuffetGeorge Soros

Apakah memungkinkan seorang trader berubah menjadi investor?

Jawabannya mungkin sekali, hal ini sering banget terjadi pada trader yang nyangkut (ketika saham yang dibeli harganya turun) dan trader tersebut nggak berani cutloss (jual rugi), hehehehehe. Jangan ditiru ya sahabat.

Jadi, sahabat lebih cocok menjadi investor atau menjadi trader? 

#EduVesting:SimpleEducation4SmartInvesting

Artikel Terkait :

  1. Part Time vs Full Time Investor?
  2. Memahami indeks di BEI

More to explorer

Istilah-istilah Saham

Untuk sahabat yang baru terjun ke dunia saham dan belum terlalu paham dengan istilah-istilah saham yang pastinya sahabat belum pernah mendengar sebelumnya